Peranan Data Center di Industri Perbankan di Era Transformasi Digital

 

Peranan Data Center di Industri Perbankan di Era Transformasi Digital


Di era digital seperti saat ini, penggunaan data center semakin vital bagi kelangsungan bisnis berbagai industri. Salah satu industri yang menempatkan data center sebagai bagian vital dalam bisnisnya adalah perbankan.

Perbankan merupakan industri dengan aturan yang sangat ketat. Dalam industri ini, keamanan menjadi pertimbangan utama yang posisinya jauh di atas pertimbangan harga termurah. Karena itu, bisnis perbankan membutuhkan data center yang dengan kualitas tinggi plus risiko yang sangat minim.

Seandainya layanan data center yang dipilih tidak terlalu bagus, maka akan mengganggu bisnis perbankan itu sendiri. Pasalnya, data center digunakan perbankan untuk berbagai macam transaksi. Sebagai contoh, ketika seorang nasabah sedang melakukan transaksi transfer uang dan pada saat bersamaan data center bank tersebut mengalami gangguan hingga tak bisa beroperasi.

Jika hal ini terjadi, maka hampir dipastikan transaksi yang sedang dilakukan nasabah tersebut akan terganggu. Dampaknya, bank berpotensi kehilangan kepercayaan dari nasabahnya karena pengalaman yang tidak menyenangkan ketika melakukan transaksi.

Sebaliknya, jika layanan data center yang digunakan cukup mumpuni, maka hal itu tak hanya membantu operasional bisnis bank, namun juga bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan layanan perbankan. Misalnya, untuk pembukaan rekening, membeli produk investasi, dan sebagainya. Semua layanan seperti ini bisa didapatkan secara mandiri oleh nasabah tanpa bantuan petugas bank dengan dukungan data center yang stabil.

Manfaat lainnya yang bisa dirasakan bank dengan menggunakan layanan data center yakni biaya pengeluaran yang lebih hemat. Bank tak perlu lagi menganggarkan belanja modal, hanya perlu menganggarkan untuk biaya operasional modal. Hal ini bisa dilakukan karena semua kebutuhan terkait data center sudah disediakan penyedia layanan, dan pihak bank bisa langsung menggunakan sesuai kebutuhan.

Adapun selain perbankan, setidaknya ada beberapa bidang yang mulai melirik penggunaan data center sejak tahun 2016. Mulai dari pemerintahan, marketplace, institusi finansial, penyedia jasa aplikasi online, penyedia game online, penyedia layanan hosting, penyedia layanan internet, hingga perusahaan menengah yang terus menerus memperluas layanannya.

Hal ini tidaklah mengherankan, karena jika disimpulkan setidaknya ada dua keuntungan bagi perusahaan digital saat memanfaatkan data center, yakni:

Menjamin kelancaran bisnis

Tidak ada alasan lagi untuk menolak pentingnya data center dalam sebuah perusahaan. Terutama ketika bisnis tengah berkembang melalui internet dan data. Karena itu, back up data merupakan langkah pertama perlindungan yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk memastikan kelancaran bisnis.

Data center bisa digunakan untuk melindungi data organisasi terhadap kerusakan, pencurian, kegagalan perangkat lunak, dan bencana. Dengan data center yang dapat diandalkan, perusahaan dapat mengambil data back up jika terjadi jika kerusakan internal yang mengganggu. Tidak seperti aset fisik yang bisa dibangun kembali lewat asuransi, data yang hilang tidak bisa dipulihkan kecuali memiliki cadangannya. Ini sebabnya data center itu sangat penting untuk menunjang kelancaran bisnis.

Perlindungan menyeluruh

Keamanan jadi nilai jual utama yang ditawarkan pemain data center untuk para kliennya. Hal utama yang ditawarkan pada poin ini adalah perlindungan menyeluruh, yang artinya data center harus dirancang dengan cara yang unik dan kuat untuk melawan segala ancaman dan tantangan yang masuk. Data center harus mampu memecahkan masalah yang terkait dengan kesalahan manual, kerusakan aplikasi, bencana alam, kebakaran, banjir, bahkan bencana buatan manusia seperti pencurian dan sabotase.

Demikian ulasan Review Singkat tentang Peranan Data Center di Industri Perbankan di Era Transformasi Digital!


Semoga bermanfaat. 



 Baca Juga Artikel Lainnya:

  1. 5 Cara Menghasilkan Uang dari Youtube! Jutaan Rupiah Menunggu!
  2. 5 Cara Rahasia Mendapatkan Jutaan Rupiah dari Tiktok
  3. 5 Ide Bisnis Paling Menguntungkan di Masa Pandemi
  4. 5 Situs Penghasil Uang Dari Internet 2022/2023 ter Update! 
  5. Pemanfaatan Sosial Media dalam Membangun Bisnis Digital 
  6. Tentang Industry 4.0 (Pengertian, Manfaat, dan Keuntungan) bagi Pebisnis!
  7. Tips Memilih Platform Internet of Things (IoT) & Mengoptimalkan Produktivitas!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama