Tips Memilih Platform Internet of Things (IoT) & Mengoptimalkan Produktivitas!


Tips Memilih Platform Internet of Things (IoT) & Mengoptimalkan Produktivitas!

Kita telah mengetahui bahwa Internet of Things (IoT) merupakan salah satu teknologi yang akan berpengaruh besar mendorong produkitivitas perusahaan. Bahkan survei yang dilakukan oleh Forbes Insight pada 2017 lalu menyebut IoT sebagai teknologi terpenting bagi perusahaan, dan nilainya melebihi robotika serta artificial intelligence atau kecerdasan buatan.

Selanjutnya, Anda mungkin sedang menghadapi berbagai solusi IoT yang bervariasi dan menimbang mana yang harus dipilih agar bisa mengoptimalkan kinerja perusahaan. Pertimbangan yang ada memang tidak sederhana karena masing-masing industri membutuhkan solusi yang berbeda dan berlaku vertikal.

Misalnya solusi IoT untuk perbankan dan keuangan akan berbeda dibandingkan dengan transportasi serta logistik. Industri yang disebut pertama cenderung membutuhkan fitur keamanan serta enkripsi mumpuni, sedangkan yang kedua cenderung membutuhkan platform untuk menjamin kelancaran komunikasi armadanya.

 

Adakah pertimbangan umum untuk memilih solusi IoT?

 

Terlepas dari kebutuhan solusi vertikal seperti itu, setidaknya, ada 4 aspek umum yang selalu bisa dilihat sebagai pertimbangan dalam memilih solusi IoT terbaik untuk usaha Anda.

 

1.    Keberlangsungan Hidup Solusi IoT

Tips Memilih Platform Internet of Things (IoT) & Mengoptimalkan Produktivitas!


Seiring dengan membesarnya tren IoT dan gaung Revolusi Industri 4.0, maka variasi penyedia solusi pun tumbuh semakin banyak. Persoalannya, Anda tidak bisa sembarang memilih penyedia solusi IoT. Jangan sampai penyedia yang dipilih ternyata mematikan dukungan terhadap solusi itu sementara Anda telah menerapkannya di seluruh lini perusahaan.

Agar memastikan bahwa solusi IoT memiliki kelangsungan hidup lama, sebaiknya pilih penyedia yang memang merupakan perusahaan besar dan sudah dikenal kehandalannya. Perusahaan besar biasanya sudah berpengalaman dan tidak akan menghapus produknya begitu saja.

2.    Skalabilitas dan Fleksibilitas

Tips Memilih Platform Internet of Things (IoT) & Mengoptimalkan Produktivitas!


Kebutuhan perusahaan akan berubah seiring berjalannya waktu, karena itu Anda juga perlu memastikan bahwa solusi yang diterapkan di perusahaan memiliki skalabilitas dan fleksibilitas untuk mengikuti perubahan tersebut.

Maksud skalabilitas di sini terkait dengan besar dan kecilnya IoT yang diterapkan di perusahaan. Ketika baru mengawali usaha, Anda mungkin hanya membutuhkan IoT dalam skala kecil. Kemudian setelah usaha itu membesar, Anda perlu menambah skala IoT tersebut dan memastikannya bisa tetap bekerja dengan lancar.

Jangan lupakan juga cek ketersediaan Connectivity Management Platform. Dengan meningkatnya skala penerapan IoT di perusahaan, maka Anda membutuhkan hub yang bisa diandalkan untuk mengelola seluruh perangkat yang terhubung. Connectivity Management Platform yang baik bakal membantu Anda dengan menyajikan visualisasi data hingga kontrol kartu SIM yang terpasang di berbagai perangkat.

Fleksibilitas juga penting karena teknologi yang ada terus menerus berubah. Pastikan penyedia layanan IoT Anda merupakan perusahaan yang terus berinovasi sehingga tidak ketinggal ketika perusahaan harus mengubah protokol operasional, fitur, atau teknologi operasionalnya.

 

3.    Akses PoP Strategis


Tips Memilih Platform Internet of Things (IoT) & Mengoptimalkan Produktivitas!

Point of Presence (PoP) juga penting sebagai bahan pertimbangan. Istilah ini mengacu pada infrastruktur telekomunikasi yang dibangun di daerah tertentu dan berfungsi sebagai simpul penghubung koneksi internet di sana.

PoP ini berkaitan dengan kecepatan serta latensi koneksi internet. Lalu karena IoT membutuhkan koneksi internet untuk bisa terhubung dan beroperasi, maka keberadaan akses atau kepemilikan PoP bakal berpengaruh pada kinerja perangkat IoT hingga soal pemantauannya secara real-time.

4.    Reputasi Penyedia Layanan

Tips Memilih Platform Internet of Things (IoT) & Mengoptimalkan Produktivitas!


Perhatikan juga riwayat perusahaan penyedia solusi IoT. Jika sebelumnya perusahaan pernah mengerjakan solusi yang mirip dengan kebutuhan Anda, maka itu kemungkinan besar Anda akan cocok memakainya.

Selain itu, riwayat itu juga bisa mengindikasikan kehandalan solusi yang disediakan. Misalnya penyedia merupakan perusahaan yang terlibat dalam berbagai inisiatif proyek smart city, khususnya dalam penerapan transportasi pintar. Melihat hal itu, bisa jadi solusi IoT yang ditawarkan akan cocok dengan kebutuhan Anda yang terkait dengan transportasi.

Sekian ulasan Review Singkat tentang Tips Memilih Platform Internet of Things (IoT) & Mengoptimalkan Produktivitas!  Semoga bermanfaat ya!


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama