Pemanfaatan Sosial Media dalam Membangun Bisnis Digital


Pemanfaatan Sosial Media dalam Membangun Bisnis Digital
 

Media sosial adalah bagian penting untuk menunjang bisnis online, karena semakin banyaknya orang yang mendaftarkan diri dan aktif di media sosial setiap harinya. Menurut survey yang dilakukan oleh Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII), dari 143, 26 juta jiwa pengguna internet di Indonesia, pengguna aplikasi media sosial ada sebanyak 87,13 %. Selain itu penggunaan internet digunakan juga untuk transaksi, yaitu sebesar 32,19% untuk membeli barang dan 8,12% digunakan untuk menjual barang.

Pemanfaatan Sosial Media dalam Membangun Bisnis Digital

Data-data tersebut memperlihatkan pertumbuhan media sosial yang sangat besar. Menurut We Are Social 2018, terjadi peningkatan sekitar 24 juta (23%)  jumlah pengguna media sosial di Indonesia,membuka peluang besar  memajukan bisnis online Anda.

Dengan media sosial, Anda dapat mempromosikan bisnis sekaligus membangun kredibilitas online.Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh pebisnis melalui penggunaan media sosial.

1. Meningkatkan promosi

Pemanfaatan Sosial Media dalam Membangun Bisnis Digital

Promosi melalui media sosial mungkin merupakan hal yang baru diterapkan, akan tetapi perkembangannya sangat pesat. Sebagai contoh penggunaan iklan di Facebook atau di Instagram. Promosi ini digunakan untuk menstimulasi terjadinya kesadaran (awareness), ketertarikan (interest), dan berakhir dengan suatu tindakan pembelian (purchase) terhadap suatu jasa atau produk. Promosi media sosial cukup efektif untuk menjangkau target promosi yang tetap karena mereka menerapkan algoritma spesifik tidak hanya untuk memberikan iklan secara tepat sasaran tetapi juga membuat alat ukur yang tepat untuk menyampaikan data kepada penjual. Dengan beragam fitur yang memudahkan untuk sistem refereral, maka sebuah brand dapat membangun kredibilitasnya lewat testimonial yang diberikan oleh para pelanggan.

2.   Membangun Kredibilitas Brand

Pemanfaatan Sosial Media dalam Membangun Bisnis Digital

Penggunaan media sosial untuk promosi biasanya memiliki sasaran khusus, yaitu untuk memperkuat tanggapan di kalangan yang sudah mengenal Brand spesifik anda. Akan tetapi,  sangat mungkin juga orang-orang menemukan suatu brand baru di sosial media. Karena sifat media sosial yang mudah, ringan, memberikan kebebasan untuk berpendapat dan  komentar serta bisa mengamplifikasi suatu isu dan membuatnya viral di ranah maya, maka membangun Brand Awareness atau memperkuat Brand yang sudah ada, sama-sama bisa dilakukan melaui media sosial.

3.   Personalisasi pesan sesuai dengan pengalaman pengguna

Pemanfaatan Sosial Media dalam Membangun Bisnis Digital

Salah satu hal yang menarik dari media sosial adalah maraknya – penggunaan oleh individu-individu yang memungkinkan terciptanya hubungan-hubungan personal dari para pengguna media sosial.  Interaksi dan hubungan personal ini memungkinkan perusahaan yang ingin memasarkan produknya di media sosial dapat meneliti perilaku, pengalaman dan sentimen personal para pengguna media sosial yang akhirnya dapat mempengaruhi penyebaran pesan promosi serta personalisasi pesan sesuai dengan  pengalaman dan preferensi pengguna. Dengan pesan yang kuat dan sudah di personalisasi,kesan dari imaji yang didapatkan akan lebih kuat dan mampu membangun pelanggan yang loyal.

 

4. Menggali reaksi dan umpan balik pengguna produk

Pemanfaatan Sosial Media dalam Membangun Bisnis Digital

Banyak para pengguna media sosial yang berbagi tentang pengalaman mereka menggunakan produk spesifik.  Dalam hal ini para pengguna sosial ini akan membahas suatu produk secara sangat lengkap dan sangat spesifik. Mereka dapat menjabarkan harga, kegunaan, kenyamanan, kekuatan dan bahkan keterbatasan atau kelemahan suatu produk.  Kadang kala dalam melakukan “review” produk ini mereka ini juga menambahkan semacam “wish list” tentang apa yang menurut mereka harus dilakukan oleh pembuat produk supaya produknya lebih baik. Materi-materi semacam ini merupakan umpan balik yang berharga untuk mengembangkan produk, dan mengembangkan strategi pemasaran.Tentu saja di luar dari empat hal yang tersebut di atas masih banyak lagi cara pemanfaatan media sosial.

Salah satu langkah awal dari penggunaan media sosial yang sukses adalah dengan komitmen terhadap media sosial. Komitmen ini dimulai dengan membangun rencana dan strategi penggunaan media sosial secara lengkap. Rancangan ini sebaiknya memuat bagaimana menyampaikan misi perusahaan, rencana tujuan dan isi materi, serta juga pernyataan yang kuat tentang “mengapa” para pengguna media sosial harus mengikuti channel anda.

Membangun kehadiran dan pengikut di media sosial, mempunyai berbagai tantangan, yang tidak mudah dan butuh waktu yang tidak singkat. Akan tetapi peluang dan keuntungan yang didapatkan juga cukup besar dan menguntungkan bagi para pengusaha dan pebisnis.

Sekian ulasan Review Singkat Tentang Pemanfaatan Sosial Media dalam Membangun Bisnis Digital! Semoga bermanfaat ya!

 

 Baca Juga Artikel Lainnya:

    1. 5 Cara Menghasilkan Uang dari Youtube! Jutaan Rupiah Menunggu! 
    2. 5 Cara Rahasia Mendapatkan Jutaan Rupiah dari Tiktok
    3. 5 Ide Bisnis Paling Menguntungkan di Masa Pandemi 
    4. Tips Memilih Platform Internet of Things (IoT) & Mengoptimalkan Produktivitas!
    5. Tentang Industry 4.0 (Pengertian, Manfaat, dan Keuntungan) bagi Pebisnis! 
    6. Tips Memilih Platform Internet of Things (IoT) & Mengoptimalkan Produktivitas!

    Posting Komentar

    Lebih baru Lebih lama