Bisnisman! Ini Dia Beberapa Kiat Memasuki Industri 4.0


Bisnisman! Ini Dia Beberapa Kiat Memasuki Industri  4.0

Beberapa Kiat Memasuki Industri  4.0 - Bayangkan berlatih mengelas tanpa membuang-buang besi sisa dan bahan las, di mana siswa menggunakan kaca mata 3D, terhubung dengan komputer, dan memegang alat di tangan yang dapat membaca gerak tangan. Perangkat ini dijalankan dengan software dan data untuk melatih si siswa mengelas berbagai konfigurasi yang sulit. Tentu saja imaji simulasi komputer ini, lewat kamera bisa digabungkan dengan benda nyata, hasilnya seperti game Pokemon Go, kita bisa belajar mengelas lokomotif nyata tanpa merusaknya, menghemat biaya pelatihan mengelas, dan menjadikan pelatihan lebih aman. Inilah teknologi augmented reality, salah satu bagian dari gugusan teknologi dalam Industri 4.0.

Bisnisman! Ini Dia Beberapa Kiat Memasuki Industri  4.0

Industri 4.0 sudah merupakan konsekuensi dari perkembangan teknologi dan perubahan dunia yang menuntut efisiensi dan penghematan produksi dengan mengurangi limbah, dan lebih responsif mengikuti gerak pasar.

Selain penghematan biaya, Industri 4.0 juga memperluas kemungkinan, serta membuat perusahaan menjadi lebih responsif pada perubahan. Namun hal ini tidak gratis, Industri 4.0 menuntut kesiapan perusahaan untuk menjalaninya. Walaupun secara bertahap, namun Perusahaan tetap harus mempunyai rencana yang matang untuk masuk ke industri 4.0

Gugusan Teknologi Industri 4.0

Bisnisman! Ini Dia Beberapa Kiat Memasuki Industri  4.0


Sembilan pillar industri 4.0  di atas bisa juga dipandang sebagai gugusan berikut:

Sembilan pillar industri 4.0  di atas bisa juga dipandang sebagai gugusan berikut:


Hal yang perlu dipersiapkan untuk memasuki Industri 4.0

1. Tingkatkan perbaikan proses

Bisnisman! Ini Dia Beberapa Kiat Memasuki Industri  4.0


Teliti dan jelajahi proses produksi maupun proses rantai pemasaran dan penjualan yang ada. Carilah  hal-hal yang dapat diperbaiki. Proses produksi perlu dijabarkan dengan teliti, kemudian dapat dicek bagian mana yang dapat diotomatisasikan. Proses rantai pasar juga akan dapat diotomatisasikan. Carilah bagian-bagian dari proses tersebut yang dapat dibuat lebih baik.

2.  Pahami pelanggan

Bisnisman! Ini Dia Beberapa Kiat Memasuki Industri  4.0


Data pelanggan, baik yang didapat secara langsung, maupun yang disuarakan oleh pelanggan melalui review produk di media sosial merupakan data yang penting untuk memahami aspirasi maupun karakter teknis pelanggan dalam menggunakan dan mendapatkan produk anda.

3. Jaga data dan sumber data

Bisnisman! Ini Dia Beberapa Kiat Memasuki Industri  4.0


Data yang anda miliki merupakan aset yang sangat berharga, oleh karena itu perlu dijaga dengan teknologi yang aman. Namun demikian anda perlu juga melindungi sumber data anda yaitu para pelanggan sebagai individu yang kerahasiaan dan privacynya perlu dijaga. Menjaga etik dan perlindungan data pribadi merupakan bagian dari cara bisnis yang beradab di jaman data.

4.  Tingkatkan manajemen informasi

Bisnisman! Ini Dia Beberapa Kiat Memasuki Industri  4.0


Data dan informasi dalam jumlah besar, termasuk penyimpanan dan pengelolaan serta pengolahannya merupakan gerigi penting dalam pengambilan keputusan dan pengembangan produk dan proses. Kerja-kerja pengelolaan data dan informasi ini selain di tingkat pertama didukung oleh teknologi dan kerangka data yang baik, di tingkat berikutnya perlu didukung oleh suatu model sistemik yang baik yang menjabarkan fungsi-fungsi, dan di tingkat atasnya lagi didukung oleh suatu perangkat manajemen yang baik.

5.  Bangun pembelajaran

Bisnisman! Ini Dia Beberapa Kiat Memasuki Industri  4.0


Proses memasuki industri 4.0 merupakan perubahan bertahap, yang melibatkan proses maupun ketrampilan dan pengetahuan baru. Pada tiap tahap pastikan bahwa seluruh strata pekerja mengalami pembelajaran yang memadai. Dengan proses pembelajaran yang terjaga maka gerak perusahaan dalam mengarungi teknologi dan paradigma baru akan sinergis.

Sekian ulasan Review Singkat Bisnisman! Ini Dia Beberapa Kiat Memasuki Industri  4.0. Semoga bermanfaat ya!


 Baca Juga Artikel Lainnya:

  1. 5 Cara Menghasilkan Uang dari Youtube! Jutaan Rupiah Menunggu!
  2. 5 Cara Rahasia Mendapatkan Jutaan Rupiah dari Tiktok
  3. 5 Ide Bisnis Paling Menguntungkan di Masa Pandemi
  4. 5 Situs Penghasil Uang Dari Internet 2022/2023 ter Update! 
  5. Pemanfaatan Sosial Media dalam Membangun Bisnis Digital 
  6. Tentang Industry 4.0 (Pengertian, Manfaat, dan Keuntungan) bagi Pebisnis!
  7. Tips Memilih Platform Internet of Things (IoT) & Mengoptimalkan Produktivitas!

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama