4 Cara Tetap Produktif Saat Berpusa

4 Cara Tetap Produktif Saat Berpusa


 

Menjalani ibadah puasa sambil bekerja bukan hal mudah. Adakalanya Anda merasa begitu lemas dan lelah sehingga enggan menyelesaikan pekerjaan. Apalagi jika ditambah kemacetan ibukota di jam berangkat dan pulang kantor, yang seringkali lebih menguras tenaga ketimbang pekerjaan itu sendiri.

 

Namun semua hal tersebut bukan halangan untuk bisa tetap produktif. Ada sejumlah hal yang bisa Anda lakukan agar lelah, lemas dan kemacetan saat berpuasa tidak menghalangi   produktivitas saat bekerja. Simak empat caranya di bawah ini.

 

1. Makan makanan bergizi saat buka dan sahur

Hal pertama yang harus diperhatikan agar puasa tidak terkontaminasi rasa lelah dan lemas adalah pilihan makanan yang tepat. Pada saat sahur dan berbuka, kurangilah makanan goreng dan berminyak.

 

Sebagai gantinya, pilih makanan yang bergizi tinggi agar kadar energi dalam tubuh bisa tetap terjaga. Misalnya, saat sahur cobalah untuk memakan sereal manis, buah-buahan, ditambah susu.

 

Sedangkan saat berbuka, cobalah untuk makan pelan-pelan. Pilih yang ringan seperti memakan kurma dan teh manis hangat sebagai permulaan. Hindari balas dendam atau makan sebanyak-banyaknya saat berbuka. Selain itu hindari juga mengonsumsi terlalu banyak gorengan karena lemak di dalamnya sulit dicerna tubuh.

 

2. Cicil pekerjaan pasca sahur

Pasca makan sahur adalah kondisi ketika tubuh paling bertenaga. Karena itu Anda bisa memanfaatkannya untuk mencicil pekerjaan yang akan dilakukan hari itu, misalnya merinci jadwal, mengirim email, menysun data dan lainnya.

 

Jika Anda ingin tidur lagi setelah sahur, maka begitu bangun di pagi hari sediakan waktu untuk mencicil pekerjaan yang butuh banyak energi. Tujuannya supaya Anda bisa menyelesaikannya dengan cepat dan hanya menyisakan hal-hal yang lebih mudah di siang hari.

 

3. Buat perencanaan kegiatan

Selain mencicil pekerjaan, ada baiknya jika Anda membuat rincian atau to-do-list yang harus diselesaikan seharian. Hal ini bisa membantu menyortir dan mengelola porsi kegiatan agar lebih efektif.

 

Upakan to-do-list ini lebih ramping dari hari biasa dan berisi hal yang benar-benar penting untuk segera diselesaikan. Dengan cara demikian, Anda bisa merasa tetap produktif dan segala pekerjaan yang sudah diselesaikan bisa terlacak. 

 

Selain to-do-list harian seperti ini, ada baiknya juga bila membuat target bulanan untuk diri sendiri. Jangan buat target besar, tetapi kumpulkanlah dalam bentuk target-target kecil.

 

Cotohnya, ketimbang menargetkan untuk khatam Qur’an dalam sebulan, lebih baik menargetkan untuk membaca beberapa ayat per hari. Cara ini bisa membantu Anda menjaga motivasi serta menangkal kemalasan.

 

5. Istirahat dan tidur singkat

 

Mengatur waktu istirahat serta memberi kesempatan untuk tidur singkat dapat membuat tubuh terasa lebih bertenaga. Waktu yang diluangkan untuk melakukan hal ini pun singkat saja, dalam hitungan menit.

 

Misalnya, Anda tidur lima belas menit di kala istirahat siang kantor. Walaupun singkat, energi Anda akan pulih sehingga membantu mendorong produktivitas kerja hingga waktu berbuka.

 

Kemudian Anda juga perlu mengatur waktu tidur malam. Upayakan lebih awal, seperti pada pukul 21.00 atau 22.00, sehingga memberi waktu tubuh mendapat cukup istirahat sebelum bangun untuk sahur.






Baca Juga Artikel Lainnya:

  1. 4 Fakta Cacar Air yang Perlu Bunda Ketahui! Nomor 4 Mencengangkan!
  2. 6 Tips Aman Ke Tempat Imunisasi Anak Di Era Pandemi ya Bunda!
  3. Anak Demam Setelah Imunisasi, Jangan Panik Ini Tipsnya Bunda!
  4. Apakah Imunisasi Benar-Benar Memberikan Perlindungan Terhadap Setiap Penyakitnya Pada Anak?
  5. Bunda! Bagaimana ya Imunisasi Bekerja Dalam Tubuh Anak Kita?
  6. Bunda! Jika Sudah Imunisasi MMR Apa Sudah Terbebas Dari Campak Gondongan Rubella?
  7. Fakta Penyakit Gondongan yang Perlu Anda Ketahui!
  8. Ini Fakta Campak yang Anda Perlu Tahu!
  9. Ini dia 5 Tips Imunisasi Anak yang Menyenangkan ya Bunda!
  10. Kesehatan Anak dan Keluarga Adalah Peran Bunda Tercinta!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama