Ini Fakta Campak yang Anda Perlu Tahu!

 

campak


Campak merupakan penyakit yang dapat menular. Penyakit Campak ini disebabkan oleh virus RNA dari genus Morbilivirus dan famili Paramyxoviridae. Penyebarannya bisa melalui udara dimana virus bertahan di udara selama kurang lebih 2 jam. Bisa juga melalui permukaan benda yang terkena percikan air liur orang yang terinfeksi campak.

Campak merupakan salah satu penyebab mortalitas pada anak di negara berkembang termasuk Indonesia. Umumnya penderita campak berusia 1-2 tahun. Menurut data Kementerian Kesehatan, terdapat lebih dari 11.000 kasus campak setiap tahun. Jumlah tersebut tentu sangat besar mengingat masih banyak kasus campak yang tidak terdata atau terkonfirmasi.

Fakta Penyakit  Campak

Mudah Disebarkan

Orang yang tidak mendapatkan imunisasi rentan terhadap campak. Satu orang yang terinfeksi dapat menyebar ke 12 hingga 18 orang lainnya. Virus ini jauh lebih menakutkan daripada virus lain seperti Ebola, HIV atau SARS.

Virus campak diketahui ditularkan melalui batuk dan bersin. Partikel kecil dari orang yang terinfeksi campak dapat tinggal di udara cukup lama sehingga orang tersebut dapat meninggalkan ruangan. Bahayanya lagi, virus ini bisa menular sebelum ada gejala yang menunjukkan penyakit campak.

Campak Mematikan

Campak merupakan penyakit menular dan mematikan. Penyakit ini muncul dengan gejala demam, batuk, hidung tersumbat dan mata merah. Beberapa hari setelah gejala tersebut muncul, akan timbul ruam yang mulai menyebar ke seluruh tubuh. Dalam kasus ini, 40% pasien mengalami komplikasi dari virus yang menyerang anak-anak di bawah 5 tahun dan orang dewasa di atas 20 tahun.

Untuk anak usia 5 tahun memiliki probabilitas kematian yang tinggi. Komplikasi muncul pada orang yang sistem kekebalannya rendah, memiliki penyakit lain dan kurang gizi. Anak penderita campak yang mengalami komplikasi pneumonia rentan mengalami pembengkakan otak dan menyebabkan kematian.

Demikian ulasan tentang Fakta Penyakit  Campak semoga bermanfaat.

Referensi: IDAI, Kemenkes


Baca Juga Artikel Lainnya:

  1. 4 Fakta Cacar Air yang Perlu Bunda Ketahui! Nomor 4 Mencengangkan!
  2. 6 Tips Aman Ke Tempat Imunisasi Anak Di Era Pandemi ya Bunda!
  3. Anak Demam Setelah Imunisasi, Jangan Panik Ini Tipsnya Bunda!
  4. Apakah Imunisasi Benar-Benar Memberikan Perlindungan Terhadap Setiap Penyakitnya Pada Anak?
  5. Bunda! Bagaimana ya Imunisasi Bekerja Dalam Tubuh Anak Kita?
  6. Bunda! Jika Sudah Imunisasi MMR Apa Sudah Terbebas Dari Campak Gondongan Rubella?
  7. Fakta Penyakit Gondongan yang Perlu Anda Ketahui!
  8. Ini dia 5 Tips Imunisasi Anak yang Menyenangkan ya Bunda!
  9. Mengenal Penyakit Rubella Pada Ibu Hamil (Bahayanya dan Pencegahan)
  10. Penting! Ini Cara Mencegah Campak, Gondongan, Rubella Dan Cacar Air Pada Anak!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama