Bunda! Jika Sudah Imunisasi MMR Apa Sudah Terbebas Dari Campak Gondongan Rubella?

 

Bunda! Jika Sudah Imunisasi MMR Apa Sudah Terbebas Dari Campak Gondongan Rubella?



Penyakit akibat virus terus menghantui bayi dan balita. Salah satunya adalah campak, gondongan, rubella yang mudah menular. Campak, yang juga kita kenal dengan tampek, morbili, atau campak, adalah penyakit menular pada anak yang disebabkan oleh virus.

Penyakit yang biasanya muncul pada masa transisi ini jarang menyerang bayi di bawah usia 5 bulan. Karena pada usia tersebut, bayi masih mewarisi kekebalan dari ibunya, kecuali jika sang ibu tidak pernah mengidap penyakit ini.

Pencegahan Penyakit Campak, Gondongan, dan rubella dapat dilakukan dengan pemberian imunisasi yaitu imunisasi campak atau imunisasi MMR (Mumps, Measles and Rubella). Imunisasi campak dianjurkan untuk diberikan saat anak berusia 9 bulan. Meski begitu, jika anak Anda sudah mendapatkan imunisasi campak, gondongan, dan rubella, kemungkinan ia akan terkena campak lagi di kemudian hari.

Jika sudah imunisasi MMR apa sudah terbebas dari penyakit campak gondongan rubella?

Pemberian imunisasi (virus yang dilemahkan) ke dalam tubuh untuk menciptakan kekebalan terhadap penyakit tertentu. Imunisasi tidak menjamin anak 100 persen terlindungi dari penyakit campak, gondongan, rubella, serta anak yang terkena penyakit tersebut meskipun telah diimunisasi sebelumnya.

Namun setidaknya, dengan imunisasi campak, gondongan, rubella yang didapatnya saat si kecil berusia 9 bulan, penyakit campak, gondongan, dan rubella yang dideritanya menjadi lebih ringan. Berkat imunisasi, si kecil juga terlindungi dari komplikasi penyakit campak, gondongan, dan rubella yang mengancam jiwa. Komplikasi yang bisa timbul dari penyakit ini antara lain pneumonia, gangguan pencernaan, dan radang otak.

Demikian ulasan tentang Jika Sudah Imunisasi MMR Apa Sudah Terbebas Dari Penyakit Campak,Gondongan, Rubella? Semoga bermanfaat.


Referensi: IDAI, Kemenkes


Baca Juga Artikel Lainnya:

  1. Bunda! Bagaimana ya Imunisasi Bekerja Dalam Tubuh Anak Kita?
  2. Fakta Penyakit Gondongan yang Perlu Anda Ketahui!
  3. Ini Fakta Campak yang Anda Perlu Tahu!
  4. Ini dia 5 Tips Imunisasi Anak yang Menyenangkan ya Bunda!
  5. Kesehatan Anak dan Keluarga Adalah Peran Bunda Tercinta!
  6. Manfaat Imunisasi Campak Pada Anak Yang Harus Bunda Ketahui!
  7. Mengapa Penyakit Cacar Air Dapat Menyebar Dengan Sangat Cepat Saat Anak Berada Di Satu Ruangan?
  8. Mengenal Penyakit Rubella Pada Ibu Hamil (Bahayanya dan Pencegahan)
  9. Penting! Ini Cara Mencegah Campak, Gondongan, Rubella Dan Cacar Air Pada Anak!
  10. Yuk Mengenal KIPI! Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Kipi), Ini Penjelasannya!

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama