Yuk Mengenal KIPI! Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Kipi), Ini Penjelasannya!

 

Yuk Mengenal KIPI! Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Kipi), Ini Penjelasannya!


Imunisasi atau zat yang diberikan selama pelaksanaan imunisasi merupakan salah satu bentuk intervensi medis untuk menciptakan kekebalan terhadap kuman atau virus penyebab penyakit tertentu.

Upaya imunisasi telah terbukti secara efektif dalam mencegah infeksi dan kematian akibat penyakit menular. Upaya imunisasi juga penting dalam upaya pengendalian dan pemberantasan penyakit sehingga penularan penyakit menjadi kurang umum atau bahkan diberantas dari masyarakat.

Meski begitu, masih ada sedikit kemungkinan berkembangnya suatu kondisi atau reaksi tubuh setelah imunisasi yang dikhawatirkan banyak orang. Ini dikenal sebagai kejadian ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). KIPI merupakan serangan reaksi, biasanya berupa peradangan pada tubuh, setelah imunisasi. Untungnya, kejadian KIPI cenderung ringan dan sembuh sendiri.

Apa Itu Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Kipi)?

KIPI merupakan salah satu reaksi tubuh pasien yang tidak diinginkan yang terjadi setelah pemberian imunisasi. KIPI dapat terjadi dengan tanda yang berbeda. Mulai dari gejala efek samping ringan hingga reaksi tubuh yang serius seperti anafilaksis (alergi berat) hingga kandungan imunisasi. Perlu diingat, KIPI tidak selalu terjadi pada orang yang diimunisasi. Gejala ringan cenderung lebih umum daripada reaksi inflamasi atau alergi yang serius terhadap imunisasi.

Gejala Kipi Berdasarkan Penyebabnya

Gejala KIPI ringan dapat bersifat lokal atau sistemik. KIPI lokal ringan dapat berupa nyeri, kemerahan dan bengkak pada area tubuh yang terinfeksi setelah diberikan imunisasi. Sedangkan respon sistemik dapat berupa demam, sakit kepala, lemas, atau merasa tidak enak badan.

KIPI merupakan kasus yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kondisi dan kesehatan seseorang serta proses imunisasi itu sendiri. Gejala KIPI yang sebenarnya disebabkan oleh zat imunisasi cenderung ringan dan dapat hilang dalam waktu singkat.

Demikian ulasan tentang Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Berbahayakah semoga bermanfaat.


Referensi: IDAI, Kemenkes


Baca Juga Artikel Lainnya:

  1. Bunda! Bagaimana ya Imunisasi Bekerja Dalam Tubuh Anak Kita?
  2. Bunda! Jika Sudah Imunisasi MMR Apa Sudah Terbebas Dari Campak Gondongan Rubella?
  3. Fakta Penyakit Gondongan yang Perlu Anda Ketahui!
  4. Ini Fakta Campak yang Anda Perlu Tahu!
  5. Ini dia 5 Tips Imunisasi Anak yang Menyenangkan ya Bunda!
  6. Kesehatan Anak dan Keluarga Adalah Peran Bunda Tercinta!
  7. Manfaat Imunisasi Campak Pada Anak Yang Harus Bunda Ketahui!
  8. Mengapa Penyakit Cacar Air Dapat Menyebar Dengan Sangat Cepat Saat Anak Berada Di Satu Ruangan?
  9. Mengenal Penyakit Rubella Pada Ibu Hamil (Bahayanya dan Pencegahan)
  10. Penting! Ini Cara Mencegah Campak, Gondongan, Rubella Dan Cacar Air Pada Anak!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama