Fakta Penyakit Gondongan yang Perlu Anda Ketahui!

 

gondongan

Fakta Penyakit Gondongan - Gondongan atau dalam dunia medis disebut dengan parotitis adalah penyakit yang disebabkan oleh virus paramyxovirus. Virus ini menyerang kelenjar ludah dan ditandai dengan pembengkakan pada pipi dan rasa sakit di sekitar tenggorokan. Gondongan juga bisa dialami oleh si kecil yang rentan mengalami peradangan dan perubahan cuaca. Tentu saja penyakit gondongan ini akan menjadi kegelisahan tersendiri.

Untuk mengatasi kecemasan tersebut, berikut beberapa fakta terkait Penyakit Gondongan. Dengan cara ini Anda akan memahami beberapa hal terkait penyakit gondongan dan tidak mudah panik nantinya. Yuk, simak sampai habis artikel ini!

Lebih Mudah Untuk Anak-Anak

Menurut data kontrol gondok, gejala gondong lebih parah pada orang dewasa. Artinya, pada anak yang terdiagnosis gondongan, gejalanya bisa ringan, seperti demam atau bengkak. Gejala-gejala tersebut secara bertahap dapat membaik seiring dengan pemberian obat-obatan tertentu yang diberikan oleh dokter untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan.

Bisa Jadi Penyebab Tuli

Fakta lain bahwa gondongan dapat menyebabkan kecacatan bagi penderitanya. Kondisi ini juga tidak serta merta terjadi karena tergantung dari penanganan dan kondisi Si Kecil yang rentan terhadap penyakit tertentu.

Mudah Menular

Gondongan adalah penyakit menular, terutama melalui air liur. Kondisi ini lebih rentan jika penyakit gondongan memang menyerang si kecil. Bunda pasti pernah mengamati perilaku si kecil yang mungkin tidak memperhatikan lingkungan sekitar dan tidak menjaga kebersihan, bukan? Nah, itulah yang bisa meningkatkan risiko penularan penyakit ini. Penyakit ini dapat ditularkan ketika orang yang terinfeksi batuk, bersin, berbicara, dan berbagi peralatan makan dan minum.

Demikian ulasan tentang Fakta Penyakit Gondongan semoga bermanfaat.


Referensi: IDAI, Kemenkes


Baca Juga Artikel Lainnya:

  1. 4 Fakta Cacar Air yang Perlu Bunda Ketahui! Nomor 4 Mencengangkan!
  2. 6 Tips Aman Ke Tempat Imunisasi Anak Di Era Pandemi ya Bunda!
  3. Anak Demam Setelah Imunisasi, Jangan Panik Ini Tipsnya Bunda!
  4. Apakah Imunisasi Benar-Benar Memberikan Perlindungan Terhadap Setiap Penyakitnya Pada Anak?
  5. Bunda! Bagaimana ya Imunisasi Bekerja Dalam Tubuh Anak Kita?
  6. Bunda! Jika Sudah Imunisasi MMR Apa Sudah Terbebas Dari Campak Gondongan Rubella?
  7. Ini Fakta Campak yang Anda Perlu Tahu!
  8. Ini dia 5 Tips Imunisasi Anak yang Menyenangkan ya Bunda!
  9. Kesehatan Anak dan Keluarga Adalah Peran Bunda Tercinta!
  10. Manfaat Imunisasi Campak Pada Anak Yang Harus Bunda Ketahui!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama