Penyakit Varicella (Cacar Air), Ini Yang Perlu Kamu Ketahui!


Penyakit Varicella, Ini Yang Perlu Kamu Ketahui! - Penyakit Varicella atau yang sering kita kenal dengan Cacar Air merupakan penyakit yang sangat menular yang disebabkan oleh virus varicella-zoster (VZV), virus Penyakit ini menyebabkan ruam yang gatal, seperti lecet. Ruam biasanya muncul di dada, punggung, dan wajah, lalu menyebar ke seluruh tubuh, menyebabkan hingga 250 dan 500 lepuh gatal.

Penyebab Cacar Air

Cacar air dapat menyebar dengan sangat mudah ke orang lain. Setelah seseorang terinfeksi, orang tersebut akan melalui masa inkubasi 10-21 hari. Setelah itu akan muncul lepuh hingga semua lepuh berkerak. Cacar air dapat menyebar jika Kamu menyentuh cairan dari cacar air atau jika seseorang dengan penyakit tersebut batuk atau bersin di sekitar Kamu.

Gejala Cacar Air

Sebagian besar anak dengan cacar air memiliki gejala sebelum ruam muncul, termasuk Demam, Sakit kepala hingga Sakit perut. Ruam cacar air terjadi sekitar 10-21 hari setelah kontak dengan seseorang yang memiliki penyakit tersebut. Lepuh paling sering terlihat di wajah, bagian tengah tubuh, atau kulit kepala. Setelah satu atau dua hari, lepuh menjadi keruh dan kemudian kering.

Pengobatan

Obat-obatan yang bisa melawan virus cacar tidak diberikan kepada sembarang orang. Agar berfungsi dengan baik, pengobatan harus dimulai dalam 24 jam pertama setelah ruam muncul. Obat anti-virus tidak sering diresepkan untuk anak sehat yang tidak memiliki gejala yang begitu parah.

Orang dewasa dan remaja yang berisiko mengalami gejala yang lebih parah, dapat mengambil manfaat dari pengobatan anti-virus tetapi harus diberikan lebih awal. Obat anti-virus mungkin sangat penting bagi kamu yang memiliki kondisi kulit (seperti eksim atau juga terbakar sinar matahari), kondisi paru-paru (seperti asma), atau juga yang baru saja menggunakan steroid.

Demikian ulasan tentang, Penyakit Varicella, Ini Yang Perlu Kamu Ketahui!. Semoga bermanfaat ya.


Referensi: IDAI, Kemenkes


Baca Juga Artikel Lainnya:

  1. 4 Fakta Cacar Air yang Perlu Bunda Ketahui! Nomor 4 Mencengangkan!
  2. 6 Tips Aman Ke Tempat Imunisasi Anak Di Era Pandemi ya Bunda!
  3. Anak Demam Setelah Imunisasi, Jangan Panik Ini Tipsnya Bunda!
  4. Apakah Imunisasi Benar-Benar Memberikan Perlindungan Terhadap Setiap Penyakitnya Pada Anak?
  5. Bunda! Bagaimana ya Imunisasi Bekerja Dalam Tubuh Anak Kita?
  6. Bunda! Jika Sudah Imunisasi MMR Apa Sudah Terbebas Dari Campak Gondongan Rubella?
  7. Fakta Penyakit Gondongan yang Perlu Anda Ketahui!
  8. Ini Fakta Campak yang Anda Perlu Tahu!
  9. Ini dia 5 Tips Imunisasi Anak yang Menyenangkan ya Bunda!
  10. Kesehatan Anak dan Keluarga Adalah Peran Bunda Tercinta!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama