Bunda, Ini Pentingnya Imunisasi MMR Sebelum Anak Bersekolah!

 

Bunda, Ini Pentingnya Imunisasi MMR Sebelum Anak Bersekolah!

Pentingnya Imunisasi MMR Sebelum Anak Bersekolah- Banyak dokter menganjurkan agar imunisasi MMR diberikan kepada bayi atau anak-anak. Dikarenakan beban penyakit yang disebabkan oleh berbagai virus penyebab penyakit yang selalu mengintai anak dimana saja dan kapan saja.

Imunisasi MMR diberikan ketika anak berusia 15-18 bulan dan kemudian pada usia 6 tahun, imunisasi MMR tambahan akan diberikan. Imunisasi MMR diberikan setelah anak menerima imunisasi campak dasar dengan perkiraan waktu minimal 6 bulan.

MMR merupakan singkatan dari 3 penyakit yaitu Gondongan, Campak dan Rubella. Tujuan pemberian imunisasi MMR sebelum anak bersekolah adalah untuk merangsang dan membantu proses pembentukan sistem imun atau antibodi terhadap penyakit gondok, campak, dan rubella. Karena jika tubuh tidak diberikan stimulus ini, maka sistem imun atau antibodi di dalam tubuh tidak akan cukup kuat untuk melawan virus penyebab ketiga penyakit tersebut.

Pentingnya Imunisasi MMR Sebelum Anak Sekolah

Memberikan perlindungan Imunisasi MMR sebelum anak bersekolah akan memberikan perlindungan terhadap penyakit gondok, campak, dan rubella. Karena setelah diberikan imunisasi, otomatis tubuh akan membentuk sistem imun atau antibodi yang siap melawan virus penyebab 3 penyakit tersebut.

Meminimalkan risiko terkena gondok, campak, dan rubella. Karena sistem kekebalan atau antibodi telah terbentuk setelah imunisasi MMR, risiko terkena gondong, campak, dan rubella lebih kecil daripada tidak mendapatkan imunisasi MMR.

Membantu meringankan penyakit Jika daya tahan tubuh atau antibodi tidak optimal dalam melawan virus penyebab penyakit gondok, campak dan rubella, virus yang menyerang tidak akan berdampak terlalu serius dan parah pada tubuh anak. Karena sebagian besar virus telah dilawan terlebih dahulu oleh sistem imun yang telah dibentuk untuk melawan virus penyebab 3 penyakit tersebut.

Demikian ulasan tentang Pentingnya Imunisasi MMR Sebelum Anak Bersekolah semoga bermanfaat.


Referensi: IDAI, Kemenkes


Baca Juga Artikel Lainnya:

  1. 4 Fakta Cacar Air yang Perlu Bunda Ketahui! Nomor 4 Mencengangkan!
  2. 6 Tips Aman Ke Tempat Imunisasi Anak Di Era Pandemi ya Bunda!
  3. Anak Demam Setelah Imunisasi, Jangan Panik Ini Tipsnya Bunda!
  4. Apakah Imunisasi Benar-Benar Memberikan Perlindungan Terhadap Setiap Penyakitnya Pada Anak?
  5. Bunda! Bagaimana ya Imunisasi Bekerja Dalam Tubuh Anak Kita?
  6. Bunda! Jika Sudah Imunisasi MMR Apa Sudah Terbebas Dari Campak Gondongan Rubella?
  7. Fakta Penyakit Gondongan yang Perlu Anda Ketahui!
  8. Ini Fakta Campak yang Anda Perlu Tahu!
  9. Ini dia 5 Tips Imunisasi Anak yang Menyenangkan ya Bunda!
  10. Kesehatan Anak dan Keluarga Adalah Peran Bunda Tercinta!

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama