Seberapa Penting Program Bias (Imunisasi Sekolah) Bagi Anak Kita

 

Seberapa Penting Program Bias (Imunisasi Sekolah) Bagi Anak Kita

Seberapa Penting Program BIAS (Imunisasi Sekolah) Bagi Anak Kita - Mungkin belum banyak yang mengetahui tentang imunisasi BIAS ini. Apa itu Imunisasi BIAS? Imunisasi adalah proses menjadikan seseorang kebal atau kebal terhadap suatu penyakit. Proses ini dilakukan dengan memberikan imunisasi yang merangsang sistem imun agar kebal terhadap penyakit.

Imunisasi BIAS merupakan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) yang diselenggarakan dua kali dalam setahun dan dilaksanakan serentak di seluruh kota di Indonesia. Program BIAS dilakukan untuk memberikan perlindungan kepada anak usia sekolah dasar terhadap penyakit campak, difteri, dan tetanus. Guru dan orang tua perlu memberikan dukungan jika anak mereka diimunisasi di sekolah oleh staf Puskesmas setempat.

Pentingnya Imunisasi BIAS Bagi Anak Kita ?

Pemerintah sangat berharap imunisasi BIAS ini dilakukan secara rutin kepada anak-anak kita. Mengingat saat ini banyak virus yang sering menyerang anak usia 9 bulan hingga kurang dari 15 tahun. Lembaga pendidikan setingkat SD hingga SMP menjadi tempat yang rentan terhadap penyebaran virus ini. Namun, sekolah juga menjadi tempat paling strategis dalam mencegah penyebaran virus tersebut.

Selain itu, program imunisasi gratis ini juga mendapat dukungan dari World Health Organization (WHO) dan United Nations Children's Fund (UNICEF). Tidak hanya itu, secara global, upaya penanggulangan wabah campak dan rubella dapat mencapai pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Pemerintah juga berkomitmen untuk mendukung Indonesia dalam kampanye imunisasi yang sangat penting ini, sehingga wabah campak dan cacat lahir akibat rubella dapat dicegah. Bukan hanya virus campak, tapi juga virus difteri dan tetanus yang bisa berbahaya bagi anak-anak di kemudian hari.

Demikian ulasan tentang Seberapa Penting Program BIAS (Imunisasi Sekolah) Bagi Anak Kita semoga bermanfaat.


Referensi: IDAI, Kemenkes


Baca Juga Artikel Lainnya:

  1. 4 Fakta Cacar Air yang Perlu Bunda Ketahui! Nomor 4 Mencengangkan!
  2. 6 Tips Aman Ke Tempat Imunisasi Anak Di Era Pandemi ya Bunda!
  3. Anak Demam Setelah Imunisasi, Jangan Panik Ini Tipsnya Bunda!
  4. Apakah Imunisasi Benar-Benar Memberikan Perlindungan Terhadap Setiap Penyakitnya Pada Anak?
  5. Bunda! Bagaimana ya Imunisasi Bekerja Dalam Tubuh Anak Kita?
  6. Bunda! Jika Sudah Imunisasi MMR Apa Sudah Terbebas Dari Campak Gondongan Rubella?
  7. Fakta Penyakit Gondongan yang Perlu Anda Ketahui!
  8. Ini Fakta Campak yang Anda Perlu Tahu!
  9. Ini dia 5 Tips Imunisasi Anak yang Menyenangkan ya Bunda!
  10. Kesehatan Anak dan Keluarga Adalah Peran Bunda Tercinta!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama