Alasan Singkat Mengapa Data Center Dibutuhkan Perusahaan Digital!

Alasan Singkat Mengapa Data Center Dibutuhkan Perusahaan Digital!


Alasan Singkat Mengapa Data Center Dibutuhkan Perusahaan DigitalData center kini tidak lagi dianggap sesuatu yang asing bagi perusahaan. Sesuai dengan namanya, data center berfungsi untuk tempat menyimpan sistem komputer beserta elemen-elemennya yang memiliki korelasi satu sama lainnya yang masih berhubungan dengan data perusahaan.


Dengan kata lain, perusahaan menitipkan data dan informasinya kepada perusahaan penyedia data center dengan sistem keamanan terbaiknya. Keamanan menjadi unsur paling utama saat perusahaan memutuskan untuk bermitra dengan penyedia jasa data center.


Sebab data center jadi gerbang utama dalam melindungi data dari segala macam ancaman baik itu bencana alam, atau lainnya yang menimpa perusahaan. Apalagi bagi industri yang high regulated seperti industri jasa keuangan, keamanan adalah hal utama yang biasa mereka pertimbangkan, bukan dari harga termurah.


Alasan Singkat Mengapa Data Center Dibutuhkan Perusahaan Digital!

Dikutip dari laporan Cisco, sejak tahun 2008 lalu lintas internet paling banyak terjadi dan berakhir di data center. Diprediksikan jika ruang penyimpanan data center akan membengkak hingga 2,6 ZB dari 663 EB di tahun 2016, terus meningkat hingga 8,6 ZB di tahun 2018.


Prediksi ini didukung salah satunya oleh faktor lonjakan penggunaan internet yang menjadi alasan kuat bagi perusahaan untuk mempertimbangkan memakai data center. Ditambah lagi, maraknya aplikasi media sosial dan perangkat teknologi berbasis IoT menyebabkan layanan cloud jadi makin disorot.


Sejak tahun 2016, tercatat lebih dari 10 jenis perusahaan yang mulai melirik data center. Sebut saja, pemerintahan, marketplace, institusi finansial, penyedia jasa aplikasi online, penyedia game online, perusahaan berskala enterprise, organisasi atau asosiasi profesi, perusahaan hosting, penyedia layanan internet, dan perusahaan menengah yang terus menerus memperluas layanannya.


Dari situ terlihat jelas, bahwa pada intinya semua perusahaan yang memanfaatkan internet sebagai tempat untuk mengakses data, berbagi data, menyimpan data butuh data center. Apalagi bagi perusahaan digital, yang semuanya mengandalkan internet dalam operasional bisnisnya, termasuk melayani konsumen.


Pasalnya data center menjadi bagian dari bisnis yang terus berkembang di dunia modern dan parameter bisnis utama karena data center mempengaruhi fungsi bisnis dalam suatu perusahaan.


Setidaknya ada dua keuntungan bagi perusahaan digital saat memanfaatkan data center:

 

Menjamin Kelancaran Bisnis


Alasan Singkat Mengapa Data Center Dibutuhkan Perusahaan Digital!

Tidak ada alasan lagi untuk menolak pentingnya data center dalam sebuah enterprise. Terutama saat ini di mana era bisnis berkembang di internet dan data. Oleh karena itu mem-back up data adalah langkah pertama perlindungan yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk memastikan kelancaran keseharian bisnis.


Data center juga digunakan untuk melindungi data organisasi terhadap kerusakan, pencurian, kegagalan perangkat lunak, dan bencana.


Dengan data center yang dapat diandalkan, perusahaan dapat mengambil data back up jika terjadi jika kerusakan internal yang mengganggu. Tidak seperti aset fisik, seperti bangunan, yang dapat dibangun kembali lewat asuransi, jika terjadi kebakaran atau bencana alam. 


Data yang hilang itu tidak bisa sembuhkan sama sekali, kecuali Anda memiliki cadangannya. Inilah sebabnya data center itu sangat penting untuk kelancaran bisnis.


Paket Keamanan Terlengkap


Alasan Singkat Mengapa Data Center Dibutuhkan Perusahaan Digital!


Keamanan jadi nilai jual utama yang ditawarkan pemain data center untuk para kliennya. Ada beberapa kriteria wajib yang perlu Anda diketahui untuk memastikan suatu data center itu handal atau tidak bagi perusahaan Anda.


Diantaranya, perlindungan menyeluruh. Jadi data center harus dirancang dengan cara yang unik dan kuat untuk memungkinkannya dapat melawan segala ancaman dan tantangan yang masuk. Data center harus mampu memecahkan masalah yang terkait dengan kesalahan manual, kerusakan aplikasi, bencana alam, kebakaran, banjir, bahkan bencana buatan manusia seperti pencurian dan sabotase.


Kemudian disusul dengan paket yang mudah digunakan. Maksudnya adalah data center harus user-friendly dan mudah digunakan. Ini berarti desainnya tidak harus memaksi suatu perusahaan untuk membuat penyesuaian yang signifikan terhadap infrastruktur IT yang sudah ada. Namun harus menyediakan bandwith yang memadai agar tetap sejalan dengan operasional bisnis klien.


Terakhir, biaya yang budget-friendly. Apalagi bagi perusahaan startup yang baru berdiri, dengan dana seadanya. Umumnya mereka pasti memiliki keinginan untuk mengamankan datanya di data center demi mendapatkan kepercayaan dari calon konsumennya.


Sekian ulasan Review Singkat Tentang Alasan Singkat Mengapa Data Center Dibutuhkan Perusahaan Digital! Semoga bermanfaat ya!


Referensi:

https://www.nexdatacenter.com/blog/data-center/the-importance-of-data-center-in-a-business/
https://www.hipwee.com/list/keuntungan-penggunaan-data-center-bagi-perusahaan-ini-bikin-kamu-paham-betapa-pentingnya-it/
http://www.pointstar.co.id/blog/pentingnya-data-center-indonesia-bagi-perusahaan/
https://www.cisco.com/c/en/us/solutions/collateral/service-provider/global-cloud-index-gci/white-paper-c11-738085.html


Baca Juga Artikel Lainnya:

    1. 5 Cara Menghasilkan Uang dari Youtube! Jutaan Rupiah Menunggu! 
    2. 5 Cara Rahasia Mendapatkan Jutaan Rupiah dari Tiktok
    3. 5 Ide Bisnis Paling Menguntungkan di Masa Pandemi 
    4. Tips Memilih Platform Internet of Things (IoT) & Mengoptimalkan Produktivitas!
    5. Tentang Industry 4.0 (Pengertian, Manfaat, dan Keuntungan) bagi Pebisnis! 
    6. Tips Memilih Platform Internet of Things (IoT) & Mengoptimalkan Produktivitas!



    Posting Komentar

    Lebih baru Lebih lama